Berita Terbaru
Loading...
Tuesday, May 23, 2017

Model Kebaya Putri Keraton Solo Gaya Ningrat Jawa Klasik

8:53 PM
Model Kebaya Putri Keraton Solo Gaya Ningrat Jawa Klasik - Zaman telah berganti, dunia tata busana ikut menyamakan langkah. Begitu pula dengan salah satu pakaian tradisional warisan leluhur bangsa, baju kebaya. Dari pakaian sarat makna saat zaman kerajaan atau kesultanan, kini busana kebaya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi modern. Akankah warisan leluhur ini akan kehilangan pakem. Sekedar mengingatkan sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan, menjelang Idul Fitri mungkin sudah mulai dipersiapkan busana yang akan dipakai. Sebagai referensi, coba lihat Kumpulan Model Kebaya Lebaran.
Foto Model Kebaya Putri Keraton Solo Jawa Klasik
Foto Model Kebaya Putri Keraton Solo Jawa Klasik

Mengingatkan kembali Indonesia akan pakem awal tersebut, putri dari pemimpin Keraton Mangkunegaran Solo, Mangkunegaran VIII, yaitu GRA Satuti Yamin Suryohadiningrat, memamerkan koleksi baju kebaya Putri Keraton Solo miliknya. Bernuansa Jawa Klasik sangat menonjolkan aura ningrat dalam kesederhaan..

Dimulai dengan rangkaian koleksi santai bermotif bunga, beberapa kebaya Satuti tampak lebih santai dibandingkan dengan bayangan mengenai pakaian keraton pada orang awam.

"Itu kebaya harian. Satuti ingin kesederhanaan sehingga kebaya itu bisa digunakan menurut apa saja," ujar sepupu Satuti, Djatmiko Hamidjojo,dalam peragaan busana di acara Jakarta Fashion and Food Festival.

Kesederhanaan model kebaya Keraton Solo ini memang terpancar dari potongan kebaya yang tidak melekat pas badan. Para peraga pun melenggang dengan leluasa.
Baju Kebaya Ningrat Keraton Solo Sederhana
Baju Kebaya Ningrat Keraton Solo Sederhana

Padu padan warna busana kebaya solo dengan bahan kain bawah menjadi satu hal yang patut disorot. Beberapa kebaya berwarna dominan kuning memang terlihat serasi dipasangkan dengan kain batik cokelat. Namun, ada beberapa koleksi yang tabrak warna, seperti kebaya dominan biru yang dipadukan dengan kain batik cokelat.

Berbeda dengan rangkaian koleksi pertama, deretan kebaya kedua terlihat lebih mewah. Kebaya pun diperagakan langsung oleh dua keturunan Mangkunegaran VIII.

Kebaya pertama berbahan beledu berwarna hijau gelap dengan aksen list emas. Dengan adanya garis tersebut, kebaya terlihat serasi dipadukan dengan kain batik cokelat.

Lebih segar dari pakaian pertama, kebaya kedua hadir dengan balutan warna pink. Detail payet emas juga tersusun rapi membentuk garis baju. Batik bawahan bercorak lebih padat ketimbang kain yang dipadukan dengan kebaya kembang.

Pilihan padu padan ini bukan sembarangan. Djatmiko mengatakan bahwa ini merupakan pakem kebaya yang sebenarnya.

"Pemakaian kebaya diselaraskan dengan kedudukan. Putri dalem itu pakai kain lereng dan parang. Kalau sentonu jauh, tidak diperkenankan pakai motif parang," katanya.

Secara keseluruhan, tampilan tata rias peraga seragam. Konde, kebaya, dan kain tradisional. Hal ini juga merupakan hasil penyelarasan dengan adat Jawa.

Secara keseluruhan, saya merasa bangga akan budaya yang ada di tanah air tercinta ini. Dan satu hal yang perlu dicatat adalah upaya untuk menjaga kelestariannya menjadi tanggung jawab kita bersama.
Model Baju Kebaya Putri Solo Gaya Keraton Ningrat Jawa Klasik
Model Baju Kebaya Putri Solo Gaya Keraton Ningrat Jawa Klasik


Artikel mengenai Model Kebaya Putri Keraton Solo Gaya Ningrat Jawa Klasik semoga dapat menjadi referensi untuk sahabat Blog Trend Kebaya, agar senantiasa selalu update perkembangan dunia fashion terbaru. Model dan desain kebaya memang selalu berkembang, baik corak, motif, maupun gaya dalam berkebaya. Tren dunia mode Indonesia banyak dipengaruhi oleh informasi dari luar negeri atau yang saat ini sedang hit di mancanegara.Namun. kebaya sebagai warisan bangsa tetap memiliki ciri dan corak yang unik dan melekat dalam budaya kita. Kenakan dan banggalah dengan busana milik kita ini ya.

Menyimpan foto atau gambar yang Anda inginkan, klik kanan di atas gambar dan pilih 'save image as' atau 'simpan gambar sebagai' kemudian pilih folder di komputer Anda.

Silahkan bookmark halaman ini atau share kepada teman-teman ya.

Link Post: http://www.trendbajukebaya.com/2015/05/model-kebaya-putri-keraton-solo-gaya-ningrat-jawa-klasik.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 1099 user reviews.

0 comments:

Post a Comment